Inovasi Pembelajaran di SD dengan Mendongeng

     

Mendongeng 

Sumber : https://media.suara.com/pictures/970x544/2017/11/17/35132-mendongeng.jpg


    Kegiatan literasi sebelum memulai kegiatan pembelajaran di kelas sudah menjadi rutinitas sehari-hari di berbagai Sekolah. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan daya literasi siswa. Selain itu kegiatan literasi dapat mewujudkan siswa untuk berpikir dan berkembang secara analitis, kritis, reflektif, dan kreatif. Bentuk kegiatan literasi tak hanya ditulis kembali apa yang siswa sudah bacakan, namun, dapat menghasilkan sebuah karya. Seperti, musikalisasi puisi, melukis, mading, dan juga berdongeng. 

     Mendongeng
              Sumber : https://www.radarjateng.com/wp-content/uploads/2023/01/WhatsApp-Image-2023-01-12-at-19.56.11.jpeg

    Mendongeng memiliki memiliki berbagai manfaat, bak perkembangan psikologis maupun kecerdasan emosional anak. Seorang psikolog bernama Efine (Artana,2017) yang dikutip (Ni Putu Ayu Mirah Mariati, 2022, p. 80) yang juga merupakan seorang pendongeng mengemukakan bahwa mendongeng memiliki manfaat sebagai berikut: 

  1. Meningkatkan keterampilan bahasa 
  2. Mengembangkan imajinasi pada anak 
  3. Meningkatkan minat baca 
  4. Membentuk anak yang mampu berempati 
  5. Membangun kecerdasan emosional


Langkah- Langkah Inovasi Pembelajaran : 

  1. Pada pertemuan awal, siswa diminta untuk membaca buku cerita yang mereka sukai. 
  2. Setelah itu, siswa diinformasikan mengenai proyek yang akan dilakukan.
  3. Guru dapat memberikan contoh dalam memperagakan mendongeng sebelum siswa melakukan projek tersebut. 
  4. Tidak lupa untuk mengkomunikasikan proyek tersebut ke wali murid.
  5. Siswa diberikan penugasan berupa kerangka atau perencanaan proyek yang ingin dilakukan.
  6. Guru memberikan contoh media- media pendukung untuk mendongeng. Seperti gambar, wayang, boneka, dan lainnya 
  7. Pada pertemuan selanjutnya, siswa diminta guru, untuk mengerjakan bersama media pendukung untuk mendongeng.
  8. Siswa juga terus diingatkan mengenai proyek tersebut, dan kriteria-kriteria yang akan dinilai.
  9. Selanjutnya, melakukan simulasi kepada beberapa siswa untuk mengetahui seberapa paham, dan siap untuk melaksanakan proyek tersebut. 
  10.  Setelah itu, pada pertemuan akhir, dilakukan proyek mendongeng dengan memperagakan di depan kelas. 


Sumber-Sumber Bahan Ajar : 

  • Buku dongeng
  • Cerita Rakyat
  • Legenda 
  • E-book
  • Youtube


Inovasi Pembelajaran ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan kepercayaan diri di kelas, kreativitas siswa, dan keterampilan berbahasa siswa di depan kelas. Dengan proyek ini, siswa diharapkan dapat mengembangkan daya literasi dan kreativitas lewat buku-buku serta lainnya yang bermanfaat bagi siswa.


Referensi : 
Ni Putu Ayu Mirah Mariati, I Wayan Sudiarsa, Ni Made Sukma Sanjiwani, & Putu Angga Permana Putra. (2022). INOVASI PEMBELAJARAN LITERASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DI SD NEGERI 15 PEMECUTAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 78–86. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1959

Komentar