Siswa yang Memiliki Kesulitan Belajar (Bagian III)


Gambar Guru yang Sedang Mengajar di Kelas

Sumber : https://sentinelksmo.org/wpTeacher.jpg

Peran Guru Dalam Mengatasi Siswa yang Kesulitan Belajar (Studi Kasus)

Peran guru merupakan peran yang sangat penting dalam pendidikan di sekolah, Namun menurut (Wardani, 2007) peran guru dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu : 

Peran Sebagai Pengajar 

    Peran dan fungsi guru berpengaruh terhadap pelaksanaan pendidikan di sekolah. Di antara peran dan fungsi guru tersebut adalah sebagai berikut: 
  1. Sebagian pendidik dan pengajar, 
  2. Sebagai anggota masyarakat;.
  3.  Sebagai pemimpin; 
  4.  Sebagai administrator;
  5. Sebagai pengelola pembelajaran; 
(Mulyasa,E, Standar kompetensi Sertifikasi Guru, 2009) dalam (Cruz,2013). 

Peran Sebagai Pembimbing 

    Dalam akronim tradisi jawa. guru merupakan “ digugu lan ditiru”, untuk menjadi sebagai sosok pembimbing, guru perlu menjadi sosok panutan, dan teladan yang baik untuk para siswanya.

Peran Sebagai Pelatih 

Para siswa memerlukan banyak sekali bimbingan dan pengajaran dari guru karena dilakukan oleh siswa yang telah dewasa.

    Dari jurnal kemdikbud yang berjudul “ Peranan Guru Dalam Mengatasi Belajar Siswa SD”, peran guru dalam mengatasi siswa kesulitan belajar memiliki cara yang berbeda-beda, melihat perbedaan permasalahan kesulitan belajar siswa yang berbeda-beda.


Tindakan yang dapat dilakukan oleh seorang guru di MI Miftahul Huda, Siswa SD kelas VI oleh Muhammad Mahmud Fauzi, dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan melakukan : 

Gambar Siswa yang sedang mengerjakan Matematika 

  1. Guru melakukan pengajaran perbaikan, yaitu dengan melakukan pengulangan materi yang belum dipahami oleh siswa. Hal ini bertujuan, agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru.
  2. Guru memberikan kegiatan pengayaan, contohnya menghafal, ataupun membaca buku dengan tujuan untuk mengasah siswa yang memiliki kemampuan kognitif yang tinggi. 
  3. Mengajarkan siswa dengan model dan metode pembelajaran yang bervariasi.

Gambar Guru yang Sabar mengajarkan siswanya

    Sedangkan, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, KIP Unsyiah Volume 2 Nomor 4, 127- 132 Desember 2017, Riyan Tusturi, Mahmud HR, Linda Vitoria “Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SD Negeri 10 Banda Aceh.”, mengatasi siswa yang memiliki kesulitan belajar dengan memberikan tugas dan latihan agar siswa dapat belajar secara mandiri, mengarahkan siswa belajar dalam kelompok, memberikan apresiasi siswa, dan menggunakan variasi model pembelajaran. Selain itu, siswa juga dipadu oleh guru mengenai materi yang diajarkan setiap harinya.

Refrensi : 
Maskun, & Rachmedita, V. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Graha Ilmu.
Rozak, A., Fathurrochman, I., & Ristianti, D. H. (2018). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 10–20. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.183
Suryani. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra, 22(73), 33.
Utami, F. N. (2020). Peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sd. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–101.


Komentar