Model Model Pembelajaran

 

Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai1. Dalam model pembelajaran, guru memilih pendekatan, strategi, metode, dan teknik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Model pembelajaran juga mencakup aspek-aspek seperti sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak instruksional


Berikut adalah beberapa jenis model pembelajaran yang sering digunakan:

1. Pembelajaran Langsung:  Guru memberikan pengetahuan secara langsung kepada siswa melalui ceramah, diskusi, atau tanya jawab.

2. Pembelajaran Kooperatif : Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model ini mendorong interaksi dan kolaborasi antara siswa,

3. Pembelajaran Berdasarkan Masalah : Siswa memecahkan masalah autentik dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Guru berperan sebagai fasilitator.

4. Diskusi: Siswa berpartisipasi dalam diskusi kelompok atau kelas untuk memahami konsep dan berbagi pemahaman.

5. Strategi Pembelajaran: Model ini melibatkan penggunaan strategi khusus, seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis penemuan, atau pembelajaran berbasis penugasan.



Refrensi :

 https://serupa.id/model-pembelajaran-pengertian-ciri-jenis-macam-contoh/.

 https://an-nur.ac.id/blog/model-pembelajaran-pengertian-fungsi-dan-jenis.html.

  https://www.academia.edu/11610340/Tajuk_2_Model_Model_Pengajaran_Model_model_Pengajaran.

https://educhannel.id/artikel/Strategi-Belajar-Mengajar/jenis-jenis-model-pembelajaran.html.

https://educhannel.id/artikel/Strategi-Belajar-Mengajar/pengertian-model-pembelajaran.html.

Komentar