Permainan Gerakan Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif untuk Para Siswa di SD

 


Gambar Siswa dan Guru berolahraga bersama 

Sumber : https://4.bp.blogspot.com//

Dalam pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar, terdapat gerakan gerakan dasar yang perlu diketahui dan dipelajari oleh para siswa SD. Gerakan yang perlu dipelajari yaitu, gerakan lokomotor, non lokomor, dan manipulatif. Pada dasarnya ketiga gerakan tersebut sudah dilakukan dalam kegiatan sehari-hari ataupun kehidupan sehari-hari. Namun, apa saja yang dimaksud dari ketiga gerakan tersebut?


Gerakan Lokomotor 


Gambar Contoh Gerakan Lokomotor 

Sumber : https://materibelajar.co.id/lompat kodok

Gerakan lokomotor adalah gerakan dasar yang merupakan gerakan beroindah tempat, dari 1 tempat ke tempat  lainnya.  Contoh dari gerakan tersebut adalah berjalan, berlari, merayap, berguling, dan gerakan gerakan lainnya. 


Gerakan Non Lokomotor 

Gambar Contoh Gerakan non lokomotor 

Gerakan non lokomotor merupakan gerakan yang berbanding terbalik dengan gerakan lokomotor. Artinya, gerakan dasar ini merupakan gerakan yang tidak berpindah tempat, atau anggota tubuh tidak melakukan perpindahan tempat. Lalu, apa saja contoh gerakan non lokomotor?. Contoh gerakan non lokomotor yaitu : menggeleng, mengangguk, gerakan tepuk nyamuk, dan gerakan gerakan lainnya. 


Gerakan Manipulatif 


Gambar contoh gerakan manipulatif

Sumber : https://th.bing.com/chestpass

Berbeda dengan gerakan lokomotor dan non lokomotor, gerakan manipulatif adalah gerakan dasar yang membutuhkan bantuan alat. Contohnya : smash, passing, menendang, menggiring bola, dan lainnya 


Setelah mengetahui ketiga gerakan dasar tersebut. Dalam praktiknya, gerakan ini dapat dikombinasikan dengan permainan maupun olahraga-olahraga lainnya.

Komentar