3 Macam Gaya Belajar

 3 Macam Gaya Belajar 


Gambar 3 macam gaya belajar 

    Setiap manusia memiliki ciri khas atau keunikan masing-masing. Bahkan dalam mempelajari sesuatu, setiap manusia juga memiliki caranya masing-masing dalam memahami apa yang manusia pelajari. Pernahkah kamu, di situasi bahwa, kamu lebih cepat paham memahami materi apabila gurumu memberikan ilustrasi berupa gambar? atau apakah kamu lebih cepat memahami sesuatu apabila kamu mempraktikkan langsung? atau masih banyak cara lainnya?. Nah, dari situlah, dapat kita pahami bahwa, cara kita memahami sesuatu atau belajar setiap orang berbeda-beda. 

Hal tersebut dapat kita sebut gaya belajar. Gaya belajar itu sendiri merupakan suatu kombinasi dari seseorang untuk mengolah, mengatur, ataupun menyerap segala informasi yang ia dapat, DePorter dan Hernacki (2013). Sedangkan, menurut Sukadi (2008), gaya belajar memiliki definisi sebagai paduan antara cara seseorang dalam menyerap pengetahuan, ataupun cara seseorang mengatur serta mengolah informasi yang ia peroleh.

Gaya Belajar sendiri, dibagi 3 macam, yaitu : 

a)  Gaya Belajar Visualisasi 

Apakah kamu termasuk kategori orang dengan gaya belajar visual? Gaya belajar visual sendiri merupakan gaya belajar yang mengandalkan indera penglihatan sebagai cara menyerap, mengatur, dan mengolah suatu informasi.Nah, teman-teman dapat mengetahui gaya belajar visualisasi dengan menyimak video berikut :


b) Gaya Belajar Auditori 

        Gaya belajar auditori merupakan gaya belajar yang cenderung lebih mudah saat menyerap, mengatur dan mengolah suatu informasi melalui pendengaran atau indra pendengaran.Apakah kamu menyukai dan menikmati ceramah atau kajian? lebih mudah menyerap suatu informasi ketika suasananya tenang? apabila, iya, bisa jadi kamu adalah tipe gaya belajar auditori. Namun, kamu dapat  menyimak video berikut untuk yakin,bahwa kamu memiliki gaya belajar auditori : 



C) Gaya Belajar Kinestetik 

     Pernah tidak sih, kamu memiliki teman yang cenderung tidak bisa diam? bahkan kamu terkadang terganggu saat dirinya tidak bisa diam saat belajar. Bisa jadi, temanmu memiliki gaya belajar kinestetik.Cobalah simak video dibawah ini! 





Setelah menonton ketiga video tersebut, tipe gaya belajar apa dirimu?, nah agar kamu bisa maksimal saat belajar. Berikut ini cara mendapatkan hasil belajar untuk 3 tipe gaya belajar, agar dapat menghasilkan hasil belajar yang efektif : 

1) Gaya Belajar Visual 

Karena tipe gaya belajar visual cenderunng mengoptimalkan indra penglihatannya dalam memproses informasi, maka, tipe gaya belajar visual tidak bisa jauh jauh dengan buku catatan.Berikut tips-tips yang bisa dilakukan untuk tipe gaya belajar visual: 

  1. Mencatat semua informasi yang ingin diketahui 
  2. Menguasai keterampilan teknik mencatat cepat dan efektif.
  3. Membuat peta konsep dengan menggunakan simbol dan warna yang mencolok.
  4. Mengilustrasikan setiap materi yang dipelajari ke dalam pikiranmu.

2) Gaya Belajar Auditori 

    Tipe gaya belajar auditori  memiliki ciri-ciri dapat mengolah informasi apabila suasananya mendukung, maka, tempat belajar adalah hal yang sangat memengaruhi orang yang memiliki tipe ini. Nah, berikut tips-tips untuk para pemilik gaya belajar auditori :
  1. Membuat kelompok diskusi 
  2. Merekam selama pembelajaran atau saat memperoleh informasi yang ingin kamu dapatkan.
  3. Tidak ragu untuk bertanya atau meminta penjelasan verbal apabila merasa belum mengerti.
  4. Memcari tempat belajar yang mendukung.


3) Gaya Belajar Kinestetik 

    Gaya belajar kinestetik tentu tidak jauh-jauh dari praktik. Maka hal yang difokuskan adalah simulasi atau kegiatan praktik. Berikut ini, tips-tips agar belajar dapat optimal bagi para pemilik gaya belajar kinestetik : 

  1.  Menyiapkan snack atau makanan kecil ketika belajar
  2. Jangan ragu untuk meminta guru untuk melakukan simulasi atau kegiatan praktik 
  3. Mengupayakan untuk melakukan simulasi ulang untuk menguasai yang dipelajari.
  4. Mencari tempat belajar yang membuatmu bebas bergerak.
  5. Libatkan tubuh untuk meniru apa yang sedang dipelajari.



Teman-teman, setelah mengetahui gaya belajar dirimu,mulai sekarang kamu dapat mempraktikkan ke dalam dirimu masing-masing. Setelah, mengetahui macam-macam gaya belajar tentunya kita dapat mempelajari dan lebih memahami masinh-masing diri kita, dan dapat menghargai teman-teman ketika belajar. Seperti, tidak berisik saat pembelajaran berlangsung, apabila ada teman bertanya, kita dapat membantu, apabila ada teman yang tidak bisa berhenti diam, kita bisa mengerti situasinya. Semoga ini dapat bermanfaat. 


Refrensi : 


Komentar