Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba

 


Sumber :  https://tse4.mm.bing.net/ 

Sebagai masyarakat Jakarta, tentu kita mengetahuinya, bahwa penduduk asli Jakarta dihuni oleh masyarakat Betawi. Omong-omong soal betawi, masyarakat Betawi memiliki banyak sekali makanan khas  Betawi yang perlu kamu coba!


1. Kerak Telor 



Kerak telor adalah makanan khas Betawi yang paling ikonik. Terbuat dari beras ketan, telur ayam atau bebek, ebi, dan bumbu-bumbu khas, kerak telor dimasak di atas tungku arang hingga membentuk kerak yang renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam.



2. Asinan Betawi 




Asinan Betawi adalah salah satu hidangan segar khas Betawi yang sangat populer. Hidangan ini terbuat dari berbagai macam sayuran segar yang diiris-iris tipis, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang kental dan bercita rasa asam manis pedas. Kombinasi rasa yang unik ini membuat asinan Betawi menjadi sangat menyegarkan dan cocok dinikmati saat cuaca panas.


3. Soto Betawi



Soto Betawi memiliki ciri khas kuah santan yang gurih dan kaya rempah. Isinya pun beragam, mulai dari daging sapi, jeroan, hingga telur. Soto Betawi cocok dinikmati saat cuaca dingin.


4. Bir Pletok 



Bir pletok dan bandrek adalah minuman hangat khas Betawi yang terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, dan cengkeh. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin.


5. Nasi Uduk Khas Betawi 



Nasi uduk merupakan sarapan favorit masyarakat betawi.Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan, sehingga memiliki aroma yang khas. Biasanya disajikan dengan lauk seperti telur dadar, gorengan, sambal, dan kerupuk.


Nah, itu dia macam macam makanan khas Betawi yang wajib dicoba, makanan khas Betawi ini mudah untuk ditemui.


Refrensi :

Komentar